_________________________ _________________________
PENTING!! Ebook yang kamu download mungkin berekstensi DJVU.Untuk bisa membuka file djvu, download Software WinDjView disini

Senin, Agustus 03, 2009

Free Download Papillon by henry charriere buku 1 dan 2


Berbeda dengan cerita-cerita James Bond atau Old Shatterhand atau Mahesa Djenar, Papillon sama sekali bukan manusia super. Superioritasnya hanya pada soal kegigihan, pantang menyerah, kesetiaan pada cita-cita.
Papillon manusia kerdil seperti kita semua. Selama ini terus menerus kegagalan yang ditimpukan.
Penderitaan yang ditanggungnya adalah penderitaan yang natur. Bukan penderitaan yang ditimpakan oleh sang pengarang justru untuk mempersuper sang pahlawan. Dalam Papillon hal ini tak terjadi. Penderitaan Papillon adalah penderitaan manusia. Kegagalan Papillon adalah kegagalan manusia. Dan betapa hasrat kemanusiaannya untuk melarikan diri, untuk bebas, untuk membalas dendam meresapi seluruh tulang sumsumnya. Papillon terobsesi oleh hasrat untuk melarikan diri.
Kadang-kadang memang kita menebak sebelumnya bahwa yang ditempuhnya kali ini akan menemui kegagalan lagi. Kadang-kadang kita ikut berdoa agar Papillon berhasil lolos. Dan ternyata selalu kegagalan yang dihadiahkan oleh Pencipta kepadanya. Meskipun demikian kita tak pernah merasa bosan. Misalnya, sekarang Papillon berpura-pura gila.
Sekian persen kita bisa menebak bahwa usaha ini pun nanti akan gagal. Tapi kita tidak menjadi enggan mengetahui kelanjutannya. Karena Papillon manusia.
Kegagalan bukan barang aneh bagi manusia. Kita dengan penuh minat dan rasa prihatin mengikuti bagaimana Papillon bersandiwara menjadi gila.

1 komentar:

Anonim,  5 Februari 2012 pukul 10.54  

saya membaca novel ini sekitar tahun 1979 sngt mencekap dan komentar anda tenatang ceita ini sngt cerdas! tks tp sy menhalami kesulitan meng unduh e book ini ! ada solusi?

Posting Komentar